Revolusi Pertanian Menggunakan Pupuk Jimmy Hantu

Revolusi Pertanian Menggunakan Pupuk Jimmy Hantu

Indonesia adalah negara agraris dimana banyak sekali lahan pertanian yang dapat digunakan untuk membudidayakan tanaman. Sebagai upaya kegiatan budidaya ini kita dan khususnya petani, sangat membutuhkan sarana produksi yang dapat membantu produktivitas lahan dan tanaman. Salah satu yang sering digunakan adalah pupuk. Meski secara ilmiah tanah telah menyediakan unsur hara makro dan mikro sebagai makanan pokok bagi tumbuhan, dari hari ke hari maka unsur hara ini semakin berkurang dan tanaman semakin tidak subur.Unsur-unsur hara dalam tanah seringkali tidak mencukupi kebutuhan tanaman. Setiap kali dibudidayakan, tanaman akan menyerap terus menerus unsur hara dari tanah, setiap kali tanaman dipanen, unsur hara dalam tanah pun ikut terangkut dan terkuras. Oleh karena itu di perlukan nutrisi atau material lain untuk memenuhi kebutuhan unsur hara bagi tanaman.
Sedangkan definisi dari pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan oleh tanaman sehingga mampu tumbuh dan berproduksi dengan baik.

Memupuk tanaman sudah membudaya bagi petani. Petani dan kegiatan memupuk seakan sudah menyatu sehingga tidak heran kebanyakan petani mengalami kesulitan mengelola tanah dan tanamannya tanpa menggunakan pupuk.Pemupukan menjadi jaminan pengolahan lahan berhasil dan bisa menghasilkan hasil panen berlimpah. Tapi ternyata tidak selamanya begitu. Pada banyak kasus belakangan ini, penggunaan pupuk yang berlebihan menjadi sumber masalah baru bagi turunnya kualitas pertanian dan rusaknya struktur tanah dan lingkungan.

Program pembaruan teknologi pertanian dengan meggunakan pupuk buatan atau kimia seolah-olah mampu menjadi jawaban akan ketersediaan kebutuhan pangan dunia yang kian hari terus meningkat, namun dampak dan efek sampingnya mulai terlihat setelah belasan tahun menerapkan dan menggunakan pupuk kimia, Bahan kimia sintetik yang digunakan dalam pertanian seperti pupuk dan pestisida telah merusak struktur, kimia dan biologi tanah. Bahan pestisida diyakini telah merusak ekosistem dan habitat beberapa binatang yang sebenarnya menguntungkan petani sebagai predator hama tertentu.

Pestisida juga menyebabkan daya tahan pada beberapa hama menjadi meningkat, Lebih dalam lagi, resiko kerusakan ekologi menjadi tak terhindarkan dan terjadinya penurunan produksi sehingga ongkos produksi pertanian menjadi cenderung meningkat, akhirnya terjadi ketidak efisiensian produksi dan melemahkan kegairahan bertani. Penerapan dan penggunaan pupuk kimia yang sebelumnya mampu meningkatkan produksi pertanian mulai menunjukkan penurunan hasil pertanian dan untuk meningkatkan kembali hasil dan produktifitas, petani mulai menambah dosis pupuk kimianya sehingga tanpa di sadari biaya operasional pertanian jadi meningkat, sedangkan keuntungan semakin menurun. Dampak kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan, menurunnya kualitas dan jumlah hasil panen, serta ketergantungan petani membuat pupuk organik mendapatkan perhatian lebih besar dari petani.

Jauh sebelum di temukan nya teknologi pupuk buatan atau kimia, Sebenarnya,urusan menyuburkan tanah dengan menggunakan bahan-bahan alami atau organik sudah di lakukan sejak jaman dahulu. Pupuk organik dibuat dari tanaman atau hewan yang telah mengalami pengolahan untuk mensuplai bahan organik yang fungsinya memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Bentuknya ada dalam bentuk padat dan cair. Selain menambah unsur hara makro dan mikro di dalam tanah, pupuk organik juga sangat baik untuk memperbaiki struktur tanah pertanian.

Baca juga :

Ada beberapa keunggulan jika menggunakannya.
Pertama, dapat memperbaiki struktur tanah. Ini terjadi karena organisme di dalam tanah saat penguraian bahan organik dalam pupuk bersifat mengikat butir-butir tanah menjadi butiran lebih besar.
Kedua, dapat meningkatkan daya serap tanah terhadap air. Penyebabnya adalah bahan-bahan alami memiliki daya serap yang besar terhadap air.
Ketiga, dapat menaikkan kondisi kehidupan di dalam tanah karena organisme di sana bisa memanfaatkan bahan alami sebagai makanan.
Keempat, bisa menjadi sumber zat makanan bagi tanaman, itu karena mengandung zat makanan lengkap meskipun kadarnya tidak setinggi anorganik.
Pupuk organik memperbaiki struktur tanah pertanian, memberi kecukupan unsur hara bagi tanaman, juga menjaga keseimbangan alam. Hasil panen yang banyak serta berkualitas adalah impian setiap petani. Untuk meningkatkan hasil pertanian tersebut, sejak lama kegiatan mengolah tanah kita didukung oleh pupuk, Dan sejak era modernisasi, penggunaan pupuk kimia dilakukan secara besar-besaran. Pemakaian penyubur anorganik (kimia) yang terus-menerus ini ternyata membuat tanah rusak dan justru menjadi bumerang.

Pupuk kimia bersifat mengeraskan tanah. Semakin banyak diberikan pada tanaman dan tanah, sebenarnya belum tentu membuat lahan pertanian menjadi semakin baik. Sifatnya yang mengeraskan tanah membuat tanaman sulit menyerap unsur-unsur hara, perakaran terganggu, serta menjadikan tanah menjadi jenuh. Artinya seberapa banyakpun diberikan tidak akan meningkatkan produktivitasnya. Penyebabnya adalah tanah tidak memberikan respon terhadap pemupukan. Apalagi, sebagian besar petani kita melakukan pemupukan secara sebagian-sebagian. Hanya memupuk untuk mencukupi sebagian unsur N, P atau K nya saja secara sendiri-sendiri, sedangkan unsur lain tidak di penuhi.  

Tindakan ini justru menjadikan pemiskinan unsur hara tertentu dan penimbunan unsur hara tertentu pula. Selain menjadi keras, dampak lainnya adalah menjadikan tanah masam. Mengakibatkan organisme-organisme pembentuk unsur hara atau penyubur tanah popolusi nya menjadi berkurang. Cacing misalnya, cacing tidak dapat hidup di lingkungan dengan kondisi seperti itu.

Bila kondisi ini terjadi, tanah tidak akan bisa lagi menyediakan makanannya secara mandiri lagi. Ia akan bergantung kepada penambahan pupuk, terutama kimia. Pupuk kimia juga mengandung zat seperti nitrat dan fosfat yang bisa menjadi racun bagi kehidupan di dalam air. Kelebihan unsur ini bisa meningkatkan ganggang air secara berlebihan, sehingga menurukan kadar oksigen di dalam air. Akibatnya, lingkungan menjadi beracun dan membunuh aneka fauna di dalam air.Lebih jauh lagi, pupuk kimia mengandung zat seperti metana, karbon dioksida, amonia dan nitrogen yang menjadi pemicu pemanasan global dan perubahan cuaca.

Sangat berbeda dengan organik. Bahan-bahan organiknya menambah unsur hara mikro dan makro serta memperbaiki struktur tanah tanpa kecenderungan merusak alam dan lingkungan. Karena terbuat dari bahan-bahan alami, pupuk organik bekerja selaras dengan keseimbangan alam semesta. Bahan organik yang diserap oleh mikroba di dalam tanah dapat menjadi asupan energi mereka sehingga aktivitas pengadaan unsur hara meningkat. Tanah menjadi subur tanpa merusak kehidupan yang ada di dalamnya.

Baca juga :

Beberapa manfaat menggunakan pupuk organik:

  • Pupuk organik akan memberikan kehidupan mikroorganisme tanah dengan lebih baik.
  • Pupuk organik mampu berperan memobilisasi atau menjembatani hara yang sudah ada ditanah sehingga mampu membentuk partikel ion yang mudah diserap oleh akar tanaman.
  • Unsur mikro dalam pupuk organik lebih lengkap dibanding pupuk anorganik.
  • Secara terus menerus pupuk organik memiliki peran dalam pelepasan hara tanah secara perlahan sehingga dapat membantu dan mencegah terjadinya ledakan suplai hara yang berlebih.
  • Dengan pupuk organik struktur tanah menjadi lebih baik, artinya komposisi partikel yang berada dalam tanah lebih stabil dan cenderung meningkat karena struktur tanah yang baik berperan sebagai pori-pori guna pergerakan air dan partikel udara, aktifitas mikroorganisme dalam tanah menguntungkan tanaman untuk pertumbuhan akar dan kecambah biji.
  • Penggunaan pupuk organik membantu mengurangi penipisan lapisan atas tanah yang merupakan lapisan mengandung banyak hara.
  • Pemakaian pupuk organik berperan penting dalam merawat dan menjaga kesuburan tanah yang sudah dalam keadaan rusak akibat penggunaan pupuk anorganik/kimia yang berlebihan dalam tanah.
  • Secara luas pupuk organik berperan positif dalam menjaga kehilangan unsur hara Nitrogen dan Fosfor yang terlarut dalam tanah
  • Pupuk organik membantu menjaga kelembaban tanah sehingga tanaman terhindar dari kekeringan.
  • Pupuk organik membantu tanaman agar tidak mudah terserang penyakit
  • Pupuk organik lebih menyehatkan karena mengandung nutrisi yang lebih banyak dan lengkap ,sehingga baik bagi kesehatan manusia.
Baca juga :

DARI banyaknya manfaat pupuk organik yang di sebutkan di atas, Namun dalam penerapannya masih banyak di temui beberapa kendala, kendala-kendala yang sering muncul antara lain, proses pembuatan pupuk organik yang lama sehingga petani enggan menggunakannya, Juga di karenakan sifat pupuk organik yang slow release,hasil terhadap komoditi pertanian tidak secepat pupuk non organik atau kimia.. Dari aspek produksi, kendala penggunaan pupuk organik terletak pada ketersediaan bahan baku yang banyak sehingga proses pembuatannya membutuhkan tempat yang luas.
Pengelolaan usaha tani banyak didominasi oleh penyewa atau penggarap yang kurang berkepentingan terhadap kelestarian lingkungan atau kualitas lahan pertanian, sehingga penggunaan pupuk organik masih relatif rendah.pengetahuan kelompok tani atau industri kecil dan menengah (IKM) di bidang teknologi pengolahan pupuk organik masih terbatas. Terbatasnya permodalan petani, yang mengakibatkan terkendalanya penerapan teknologi dan keberlangsungan pupuk organik. Dari aspek pemasaran dan sosialisasi, juga ditemukan kendala masih banyaknya peredaran pupuk organik ilegal atau tidak terdaftar di Deptan maupun Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Kami Mutiara Keraton Jimmy & Co, atau lebih di kenal dengan sebutan Jimmy Hantu adalah salah satu jawaban dari banyaknya kendala dan kegelisahan yang di sebutkan di atas. Kami mempunyai visi menjadi pengembang teknologi pertanian yang terkemuka di indonesia, guna mendukung pertanian nasional yang tangguh.
Dengan misi,
1. Menghasilkan nutrisi atau suplemen makanan bagi tumbuhan yang berfungsi sebagai pemicu pertumbuhan tanaman secara maksimal
2. Meningkatkan hasil pertanian dari sisi kualitas dan kuantitas
3. Menyediakan layanan pelatihan untuk menjadi petani profesional
4. Memajukan kesejahteraan petani Indonesia
Baca juga :
Pupuk Hantu (Hormon tanaman Unggul) adalah adalah pupuk organik nutrisi komplek yang diformulasikan secara khusus untuk berbagai jenis tanaman yang terbuat dari bahan-bahan organik dan bakteri yang diperlukan oleh tanaman. Dengan formulasi yang terukur ditambah juga dengan pengayaan nutrisi tinggi menjadikan Pupuk Hantu, pupuk organik cair yang cocok untuk budidaya segala jenis tanaman.

Pupuk Jimmy Hantu mampu memperbaiki struktur tanah yang rusak, mempercepat pertumbuhan akar baru dan kokoh,mempercepat keluarnya tunas-tunas dan anakan baru pada setiap pori-pori, mempercepat perkembangan batang dalam melakukan pembelahan sel, mempercepat pertumbuhan daun jadi lebat, padat, lebar, tebal dan mengkilap.
Menyempurnakan proses pematangan buah, meningkatkan rasa tekstur dan aroma buah juga meningkatkan pertumbuhan buah menjadi lebih besar,meningkatkan pertumbuhan umbi,menjaga tanaman dari kerontokan bunga dan buah,meningkatkan daya tahan, serta melindungi tanaman terhadap hama dan penyakit menjadikan kualitas dan mutu hasil panen lebih baik.
Pupuk Hantu berbentuk cairan pekat berwarna putih, tidak mengandung zat-zat beracun, tidak berbau serta di formulasikan dari bahan-bahan 100% alami serta diproses melalui teknologi yang ramah lingkungan.

...

PRODUK JIMMY HANTU


1. Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) adalah nutrisi orgnaik yang berfungsi untuk merangsang proses pertumbuhan tanaman dan dapat diaplikasikan untuk segala jenis tanaman. Beberapa merek diantaranya : ZPT Hantu, ZPT Ratu Biogen, ZPT Wong Tani, ZPT Santan dan ZPT Hantu langitan
2. Nitrogen, Posfor, Kalium (NPK) adalah nutrisi yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan vegetative, terutama daun, akar tunas, dan merangsang proses pembungaan dan pembuahan. Beberapa merek diantaranya : NPK Hantu, NPK Ratu Biogen, NPK Santan, NPK Jago Tani
3. Pupuk Organik Cair (POC) adalah larutan dari pembusukan bahan-bahan organik yang berasal dari sisa tanaman, yang proses penguraiannya menggunakan media bakteri pengurai dimana dalam proses penguraian tersebut akan dihasilkan bakteri yang memiliki kandungan secara cepat mengatasi defesiensi hara dan mampu menyediakan hara secara cepat. Beberapa merek di antaranya POC Hantu, POC ACC, POC Hantu Jantan, POC Hantu Ijo Royo-royo.
Produk kami sudah mendapatkan ijin edar resmi dari departemen pertanian, artinya, produk-produk dari jimmy hantu sudah melewati berbagai pengujian, baik uji komposisi maupun uji efektifitas nya.

Zpt Hantu ratu biogen
Zpt Hantu ratu biogen

ZPT HANTU dengan extrak formula merupakan rangkaian proses regulasi genetik dan berfungsi sebagai prekusor rangsangan guna terbentuknya hormon tumbuhan, sehingga gen yang semula tidak aktif mulai ekspresi lalu menjadi aktif dan kembali ke genetika aslinya, produk berbentuk pekatan suspensi dengan bau khas aroma susu, berwarna putih susu kelabu, tidak mengandung amoniak, bau tidak menyengat , tidak mengandung alkohol, tidak mengandung zat beracun dan di formulasikan dari bahan alami yang dibutuhkan untuk semua jenis tanaman.

Produk ini memiliki kandungan unsur:

Zat Pengatur Tumbuh Organik terutama: Auksin, Giberellin, Kinetin, Zeatin dan Sitokinin diformulasikan dari bahan alami yang dibutuhkan untuk semua jenis tanaman dengan Kadar kandungan pupuk: N-63, P-14, Na, Mg, Cu, Fe, Mn, Zn, Co, Cd, Pb.GA5-107, 13 ppm,GA7-131, 46 ppm, GA3-98, 37 ppm, AUKSIN( IAA) -156, 135 ppm dan Sitokinin ( Kinetin 128, 04 ppm dan Zeatin 106, 45 ppm).

Zpt Hantu telah banyak beredar dimasyarakat dan telah diaplikasi pada beberapa jenis tanaman dan memberi hasil maksimal dengan biaya minimal, hal ini berkat keunggulan yang dimiliki ZPT HANTU seperti :
1. Secara bertahap dapat menghemat penggunaan pupuk kimia ( Urea, TSP, KCL, ZA, NPK, dll) sampai 50%.
2. Mampu mengurangi pestisida ( residu s/ d 0% ) dan gulma.
3. Adanya fitohormon / zat perangsang tumbuh organik guna memacu tumbuhnya akar sehingga kapasitas penyerapan hara oleh tanaman menjadi lebih optimal.
4. Sediaan dalam bentuk cair/ pekatan suspensi memudahkan aplikasi di lapangan.
5. Memacu/ mempercepat pertumbuhan akar, tunas, memacu pembesaran umbi, proses pematangan buah menjadi lebih sempurna, meningkatkan keawetan hasil panen.
9 KEUNGGULAN PUPUK ZPT HANTU RATU BIOGEN 1. Mempercepat pertumbuhan daun jadi lebat, keras, padat, lebar, tebal, berisi, dan mengkilap.
2. Memunculkan warna asli dan tidak mudah rontok
3. Merangsang cepatnya pertumbuhan tunas baru dari setiap pori
4. Merangsang pembelahan sel guna mempercepat perkembangan batang sehingga cepat besar, kokoh dan berurat
5. Mempercepat pertumbuhan akar baru dan kokoh
6. Memperbaiki struktur tanah yang rusak
7. Dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia hingga 50%
8. Lingkungan terjaga,organik, aman digunakan dan tidak meninggalkan residu
9. Produk sudah mendapat ijin edar dari kementerian pertanian

Baca Juga :

...


Npk Hantu jago tani
Npk Hantu jago tani

Merupakan hormon lanjutan setelah aplikasi ZPT HANTU. Terbuat dari sari tumbuhan alami dan organik alami yang berbentuk cairan pekat berwarna putih susu, tidak mengandung zat-zat beracun, tidak berbau serta di formulasikan dari bahan-bahan 100% alami. Diproses melalui teknologi yang ramah lingkungan, dimana kandungannya terdiri dari unsur mikro makro, Nitrogen Phosphat Kalium (NPK) dan vitamin lengkap.

Karena itu, NPK HANTU sangat efektif bagi segala jenis tanaman untuk aplikasi dalam masa pembuahan. Menyempurnakan proses pematangan buah, meningkatkan rasa tekstur dan aroma buah juga meningkatkan pertumbuhan buah menjadi lebih besar,meningkatkan pertumbuhan umbi,menjaga tanaman dari kerontokan bunga dan buah,meningkatkan daya tahan, serta melindungi tanaman terhadap hama dan penyakit, menjadikan kualitas dan mutu hasil panen lebih baik.

Dengan kadar kandungan unsur mikro makro, NPK dan penuh kadar vitamin maka sangat tepat untuk kebutuhan pertanian. Adanya unsur NPK maka akan mampu merangsang tumbuhan untuk berbuah lebih baik dan lebih cepat dengan tidak merubah genetika aslinya. Terlebih dengan di tambah hormon sitokinin-kinetin zeatin dan auksin. Keunggulan lainnya adalah, semua terbuat dari bahan alami tanpa adanya campuran dari alkohol atau bahan-bahan berbahaya lainnya. Genetika asli akan muncul secara alami. Ada hal yang lebih penting dalam NPK HANTU, yaitu tidak adanya bakteri patogen, salmonella, dan e-coli, bakteri yang merugikan dan membahayakan bagi kehidupan.

Baca juga :

1. Mempercepat keluarnya bunga, kuncup di setiap pori pembungaan dan tidak mudah gugur.
2. Mempercepat putik bunga menjadi buah.
3. Menjaga tanaman dari kerontokan bunga dan buah
4. Menyempurnakan proses pematangan buah, buah menjadi lebih padat dan besar, meningkatkan rasa, tekstur dan aroma buah
5. Meningkatkan pertumbuhan buah menjadi lebih besar dan berbobot
6. Meningkatkan pertumbuhan umbi
7. Meningkatkan daya tahan, serta melindungi tanaman terhadap hama dan penyakit
8. Menjadikan kualitas dan mutu hasil panen lebih baik
9. Lingkungan terjaga, aman digunakan karena terbuat dari 100% organik

NPK HANTU memberikan hasil maksimal dengan biaya minimal, hal ini berkat keunggulan aplikasi NPK HANTU seperti :
Secara bertahap dapat menghemat penggunaan pupuk kimia (Urea, TSP, KCL, ZA, NPK, dll).
Mampu mengurangi pestisida (residu s/d 0% ) dan gulma.
Memacu/mempercepat pertumbuhan akar, tunas, memacu pembesaran umbi, proses pematangan buah menjadi lebih sempurna, meningkatkan keawetan hasil panen.

KANDUNGAN NUTRISI Hasil uji laboratorium Ratu Biogen: E-Coli negatif (-), Salmonella negatif (-), Lemak 2.01% Protein 0.19%, Karbohidrat 1.05%, Energi 30kcal/100g, Vitamin A 266.74IU/100g. Vitamin D 80.46IU/100g. Vitamin E 5.12mg/100g. Vitamin K 35.18mg/100g, Vitamin B1 0.311mg/100g.

KADAR NPK Asam Giberelat (GA3,GA5,GA7) 0.210g/l, Auksin IAA 0.130g/l, Sitokinin: Kinetin 0.105g/l, Zeatin 0.100g/l. Kandungan zat Nitrogen 0,011%, zat Phosphat 6,26mg/100ml, zat Kalium 72,13mg/100ml.
ATURAN PAKAI SAYUR MAYUR (asparagus, tomat, terong, cabai, buncis, kacang panjang, oyong/gambas, bawang, seledri, sawi, bayam, kangkung, dll)
Penyemprotan 10 hari 1x dengan takaran 2 cc dicampur dalam 1 liter

TANAMAN BUAH BATANG MERAMBAT (anggur, strowberry, semangka, melon, mentimun, labu, lada, dll)
Bulan I 10 hari sekali (di semprotkan)
Bulan II,III dst 20 hari sekali Jika sudah masuk pada fase pembuahan,aplikasi 10 hari 1 sekali dengan takaran 2 cc dicampur 1 liter air

TANAMAN BUAH BATANG KERAS (jeruk, mangga, jambu, rambutan, belimbing, nangka, durian, apel, sirsak, dll)
Bulan I 10 hari sekali (di semprotkan)
Bulan II,III dst 30 hari sekali 5cc dicampur 1 liter air, atau bisa dengan tehnik oles (kuaskan) pada batang (kulit ari) yang sudah di kerok
TANAMAN PALAWIJA (padi, kacang tanah, kedelai, jagung, kacang hijau, koro, singkong, ubi jalar, bengkoang, dll) Lakukan penyemprotan pada bulan pertama 10 hari 1x.Pada bulan selanjutnya lakukan penyemprotan 20 hari1x dengan takaran 2cc dicampur air 1 liter

TANAMAN PERKEBUNAN (karet, coklat, cengkeh, kopi, teh, jati, nilam, albasia, jabon, dll)
Bulan I 10 hari sekali (di semprotkan)
Bulan II,III dst 30 hari sekali 5cc dicampur 1 liter air, atau bisa dengan tehnik oles (kuaskan) pada batang (kulit ari) yang sudah di kerok

JENIS TANAMAN KHUSUS (kelapa & sawit) Lakukan penyemprotan setiap bulan dengan takaran 6 cc dicampur air 1 liter, atau kocorkan (siram) pada tanah sekeliling tanaman.Untuk sawit bisa di lakukan penyuntikan, dosis 5cc/pohon, tanpa di campur air, 30 hari sekali
Sistem Penyemprotan dengan Pengabutan
Penyemprotan dilakukan pagi hari atau sore hari pukul 06.00 - 08.00 atau 16.00 - 18.00,
1 tutup botol sama dengan 10cc

Baca juga :

...


Terbuat dari sari tumbuhan tanaman obat alami. Berbentuk cair berwarna putih seperti air kelapa. Berisi mikroba yang didormankan (akan aktif jika sudah ke medianya). Mampu membentuk jentik cacing dengan cepat. Mampu membelah sel tanah yang rusak sehingga gembur kembali. Jantan juga mempunyai kadar asam amino, Selain itu bakteri dalam Ijo Royo Royo dapat menjadi agen hayati yang dapat menjadi pembunuh jamur yang merugikan bagi tanaman. Bahkan, kandungan Ijo Royo Royo dapat mengikat nitrogen alami lebih banyak

1.Meningkatkan dan memperbaiki kondisi tanah sehingga menjadi lebih subur dan kaya hara
2.Menjaga kelestarian alam atau lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya
3.Menjaga ketersediaan hara tanah baik makro dan mikro, sehingga dapat dioptimalkan oleh tanaman.
4.Mengoptimalkan proses fotosintesis tanaman.Meningkatkan fungsi – fungsi bagian tanaman sehingga lebih optimal dalam pertumbuhan dan pembuahan.
Dengan sistem penjualan langsung dan penjualan online, kami berharap ini bisa memangkas jarak dan mempermudah masyarakat luas di pelosok indonesia khususnya petani, agar lebih mudah mendapatkan produk-produk jimmy hantu serta mendapatkan informasi seputar produk dan cara-cara bercocok tanam.
Secara konvensional pupuk jimmy hantu bisa didapatkan melalui agen jimmy hantu dan distributor jimmi hantu yang tersebar di hampir seluruh kota dan provinsi di indonesia, tetapi ada beberapa kota dan daerah yang belum terdapat agen atau distributor, itu yang menyulitkan petani yang tinggal di pelosok untuk mendapatkan produk jimmyhantu, oleh sebab itu di era kemajuan digital saat ini kami ingin meghilangkan jarak dengan menghadirkan www.jimmyhantu.id dan www.jimmyhantu.net agar para petani di luar sana tetap bisa mendapatkan pupuk jimmy hantu dengan mudah. Kami juga mendirikan sebuah program yaitu Jimmy Hantu Academy, yang bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada calon-calon SDM yang akan diposisikan guna memperluas jangkauan  pasar, memenuhi  kebutuhan konsumen dan membantu masalah-masalah petani di seluruh penjuru Indonesia. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Jimmyhantu dapat lebih memaksimalkan jangkauan dan memaksimalkan layanan kepada petani dan masyarakat luas. Kami dari www.jimmyhantu.id dan www.jimmyhantu.net berkomitmen menjadi produsen pupuk organik dan pengembang teknologi pertanian yang terkemuka untuk indonesia. Produk yang benar-benar revolusioner, tanpa tipu daya, nyata bersama bukti. Saatnya revolusi hijau, Go organik
Tertarik untuk menggunakan pupuk jimmy hantu? silahkan konsultasi dengan team customer service kami. WhatsApp / Telp : 0812-2580-6800

...


Kelapa sawit adalah tumbuhan industri penting penghasil minyak sayur, minyak industri, maupun bahan bakar (biodisel). Industri sawit menjanjikan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Negara kita adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Penyebarannya di daerah Aceh, pantai timur Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Tips Budidaya Sawit merupakan cara untuk mendapatkan buah sawit yang berkualitas serta meningkatkan produksi hasil panen. Beberapa petani mendapati hasil kuantitas dan kualitas kurang bagus, alhasil pendapatan dari proses yang telah dilakukan tidak sebanding dengan yang didapat. Anda mungkin telah memakai beberapa jalan untuk mendapatkan panen yang memuaskan, namun yang didapati hasil panen tetap tidak memuaskan, bahkan banyak yang mengalami kerugian akibat salah dalam mengambil tindakan dan metode budidaya.

Siapa yang tak mau jika panen yang didapat dari usahanya semakin melimpah?
Kali ini kami akan berbagi tips meningkatkan kualitas dan kuantitas dari panen sawit dengan menggunakan pupuk jimmy hantu. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam proses budidaya ini agar mendapatkan hasil yang diharapkan.

1. Lingkungan
Pada masing-masing wilayah atau daerah memiliki kesuburan dan struktur tanah yang berbeda, pada poin ini yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan karakteristik pohon sawit dengan wilayah yang digunakan untuk budidaya.Untuk tanah mineral atau tanah biasa hanya sedikit membutuhkan unsur hara mikro Cu dan Fe.  Namun pada tanah yang merah atau tanah bergambut membutuhkan lebih banyak unsur hara mikro tersebut. Jangan menggunakan lahan yang seringkali tergenang oleh air hujan, karena akan berpengaruh pada ketahanan akar. Perairan yang baik akan memaksimalkan proses tanam hingga berbuah, hindari lahan yang memiliki sumber air berwarna merah karena cenderung bersifat asam dan memiliki kadar pH rendah antara (3 – 4). Jika petani hanya memiliki lahan dengan tipikal tanah gambut harus berjuang intensif dalam perawatan agar panen yang didapat melimpah, dan harus menggunakan bibit unggul yang memiliki karakter pemanjangan batang lebih lambat.

2. Pengendalian Gulma
Gulma adalah tanaman parasit yang biasa tumbuh disekitar pohon sawit. Ada beberapa gulma yang tegolong dalam gulma berbahaya yang mengganggu pertumbuhan pada pohon sawit, antara lain Senduduk, Ilalang, bambu, pisang, Pakis Kawat, Paku Udang dll. Kita harus rajin membersihkan gulma penggangu di area perkebunan sawit. Namun terkadang kita sering mengabaikan dan menganggap sepele masalah ini, dan jika dibiarkan akan berakibat fatal pada menurunnya produktifitas usaha budidaya kelapa sawit. Gulma yang berapa disekitar pohon sawit akan mengambil nutrisi dan unsur lain yang dibutuhkan oleh pohon sawit tersebut. Akibatnya pohon akan kekurangan nutrisi dan berbuah tidak maksimal.

Lakukan penjadwalan rutin untuk membersihkan gulma yang ada disekitar pohon, agar nutrisi yang dibutuhkan sawit terpenuhi. Pengendalian gulma sebaiknya dilakukan saat gulma sedang aktif tumbuh, pengendalian dapat dilakukan dengan penyemprotan berbahan aktif Paraquat atau Glifosat. Selain itu pengendalian lainnya dapat dilakukan dengan menanam tanaman Cover Crop, yang termasuk tanaman Cover crop antara lain ; Colopogonium mucunoides, Crotalaria sp, Neprolepis biserata, dll.

3. Pembersihan Hama dan Penyakit Perawatan yang mudah serta tahan terhadap berbagai serangan hama, kelapa sawit menjadi pilihan sebagian besar petani di Indonesia karena bisa menjadi investasi yang cepat Hama dan penyakit  adalah momok yang dapat menggagalkan hasil usaha budidaya kelapa sawit. Hama maupun penyakit seringkali menyerang seluruh pohon sawit  mulai akar  hingga buahnya. Pencegahan yang tepat sejak dini akan menyelamatkan pohon sawit dari ancaman penyakit, dan tentunya hasil panen akan maksimal. Untuk mencegah gangguan hama dan penyakit, Kita dapat menggunakan berbagai produk Pupuk Organik Cair dari Jimmy Hantu untuk membasmi gangguan penyakit pada pohon sawit yang anda miliki.

Penyebab utama mudahnya tanaman kelpa sawit terserang penyakit  disebabkan terganggunya media tanam akibat kurangnya aerasi tanah serta kurang baiknya sistem distribusi air di sekitar lahan penanaman yang menyebabkan pH tanah dan air menjadi rendah. Pada pH rendah segala aktifitas tanaman akan terganggu karena reaksi biologi, fisika, dan kimia tanah terhenti yang berakibat pada defisiensi atau kekurangan unsur hara sehingga  mengganggu tanaman dalam hal fotosintesis dan pembentukan serta pengisian buah kelapa sawit.

Untuk mengatasi itu di perlukan POC Hantu Ijo royo-royo untuk membantu mengatasi terganggunya tanah dan tanaman akibat pH rendah. POC Hantu Ijo royo-royo berfungsi sebagai stabiliser yang berfungsi untuk menormalkan pH tanah sehingga sesui untuk segala aktifitas tanaman. Fungsi lainnya yaitu POC Hantu Ijo royo-royo dapat memperbaiki struktur tanah yang menyediakan aerasi tanah tempat pertukaran gas, air serta mineral dan nutrisi tanah untuk kebutuhan tanaman. Selain itu POC Hantu Ijo royo-royo membantu memaksimalkan penyerapan unsur hara yang diberikan karena bersifat sebagai biokatalisator dan starter pada efikasi pestisida.

4. Pemupukan
Pemupukan merupakan hal yang sangat penting untuk memaksimalkan hasil panen. Penjadwalan dan dosis yang tepat dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas panen. Buatlah jadwal pemberian pupuk untuk pohon sawit, dengan dosis yang tepat. Lakukan secara rutin dan konsisten. Agar nutrisi pupuk yang diberikan dapat diserap secara maksimal oleh pohon.
Anda bisa menggunakan pupuk dari tahapan tanam hingga panen antara lain, pupuk kandang, pupuk janjang kosong kelapa sawit,POC Hantu Ijo Royo-Royo, ZPT Hormon Hantu Ratu Biogen, dan NPK Jagotani Hantu Ratu Biogen.
Anjuran pemupukan sebagai berikut:
a. Aplikasi ZPT HANTU RATU BIOGEN mulai awal : Dosis 5-10 cc per pohon, dengan cara dilarutkan dengan air secukupnya dan disiramkan ke sekitar pangkal batang dan disemprotkan ke batang, setiap 10 hari sekali pada bulan pertama selanjutnya sebulan sekali.
b. Aplikasi ZPT HANTU RATU BIOGEN dan NPK RATU BIOGEN pada :Dosis 10-20 cc per pohon, dilarutkan dengan air secukupnya dan disiramkan ke sekitar pangkal batang dan disemprotkan ke batang sebulan sekali.
c. Aplikasi POC IJO ROYO-ROYO:Dosis 20 cc/liter air, semprot atau kocorkan ke akar sebulan sekali.

Pemangkasan daun
Terdapat tiga jenis pemangkasan yaitu:
a. Pemangkasan pasir.Pada usia 16-20 bulan, buang daun-daun kering dan buah busuk b. Pemangkasan produksi.Memotong daun yang tumbuhnya saling menumpuk, untuk persiapan panen umur 20-28 bulan.c. Pemangkasan pemeliharaan.Lakukan perawatan rutin dengan membuang daun-daun yang menumpuk secara rutin sehingga pada pokok tanaman hanya terdapat sejumlah 28-54 helai.

5. Panen
Pada saat proses panen Anda harus mengambil langkah hati-hati agar tidak berakibat fatal atau berbahaya pada kelangsungan pohon sawit kedepannya. Adapun kriteria panen adalah sebagai berikut: 1. Umur Panen. Mulai bisa di panen saat kelapa sawit berumur 31 bulan Minimal 60% telah matang, terdapat 1 tandan buah matang panen dari 5 pohon
2. Ciri tandan matang.
Ciri tandan matang panen adalah sedikitnya ada 5 buah yang lepas atau jatuh dari tandan yang beratnya kurang dari 10 kg atau sedikitnya ada 10 buah yang lepas dari tandan yang beratnya >10 kg Poin diatas merupakan hal yang harus diperhatikan agar usaha yang dilakukan sebanding dengan hasil yang didapat.
Kondisi buah saat dipanen sangat menentukan terhadap kadar minyak yang terkandung pada buah sawit tersebut.Jumlah rotasi panen tergantung pada kerapatan buah dan kapasitas panen. Inti dari semua proses budidaya adalah ketekunan, konsisten, dan sabar. Sebuah hasil tak akan menghianati proses, dan usaha maksimal akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga :
...


Jambu kristal jimmy hantu
Jambu kristal jimmy hantu
Di banding dengan jenis jambu yang lain, jambu kristal merupakan komoditas jambu yang paling menjanjikan, karena memeliki harga yang bagus di pasaran.Kami akan berbagi bagaimana supaya jambu kristal yang ditanam dapat tumbuh maksimal dan tentunya berbuah lebat juga manis rasanya.

Tanah adalah poin penting yang harus di perhatikan dalam penanaman jambu kristal, walaupun bukan hanya untuk tanaman jambu saja.Sebenarnya untuk membuat tanah sehat langkahnya cukup mudah, pemupukan bisa menggunakan pupuk kandang ataupun sintetis -npk,Agar penguraian dapat sempurna serta meningkatkan kadar unsur hara, kami menyarankan untuk menggunakan POC hantu Ijo Royo Royo dengan sistem semprot di daerah pengakaran.

Untuk menghasilkan pohon jambu yang baik gulma harus diperhatikan, pembersihan dapat dilakukan dengan cara manual ataupun pengobatan (herbisida) nah untuk meningkatkan efektifitas kerja herbisida setiap aplikasi disarankan di campur dengan POC Hantu Ijo royo royo dengan dosis setengah atau maksimal sama dengan dosis herbisida yang diberikan. Tujuannya adalah untuk mempercepat pembusukan bekas rumput, sehingga dapat menjadi pupuk tambahan.

Jika tanaman sudah sehat dan baik, untuk meningkatkan produktifitas, kita dapat aplikasikan pupuk lanjutan dengan mencampur 3 jenis produk Jimmy Hantu POC Hantu Ijo Royo-Royo, ZPT Hantu Ratu Biogen dan NPK jagotani dalam satu aplikasi dengan dosis per liter air 3 ml, 2 ml dan 3 ml.
Aplikasi ini supaya menghasilkan buah yang banyak, besar dan tentunya manis. Pengaplikasian nya setiap 20 hari sekali, selama 3 kali dan berikutnya cukup dilakukan 30 hari sekali.

Semoga dengan tips sederhana ini dapat membantu meningkatkan produktifitas, dan satu lagi jangan lupa untuk perawatan dengan memangkas dahan yg jelek, dan buah di bungkus yg rapi supaya tidak terkena serangan lalat buah. Sekarang saatnya kita merubah mindset dari yang serba instan dengan menggunakan bahan kimia yang efek jangka panjangnya bedampak buruk pada lingkungan. Mari sedikit berproses dengan menggunakan bahan organik untuk menjaga alam, serta meninggalkan warisan kepada anak cucu kita, alam yang masih sehat bersama Jimmy Hantu Ratu Biogen.

...


budidaya buah naga dengan pupuk hantu
budidaya buah naga dengan pupuk hantu
Kali ini kami akan membagikan tips Budidaya Buah Naga ‘Hantu’. Sesuai namanya kita akan melakukan proses budidaya dengan menggunakan HANTU : Hormon Tanaman Unggul. Tetapi sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita terlebih dulu berkenalan dengan Buah Naga, buah yang sangat populer di Indonesia dan buah yang mengandung banyak sekali manfaat, Buah Naga merupakan buah dari jenis tanaman kaktus, berasal dari Amerika tengah, Amerika selatan , Dan Meksiko serta banyak di jumpai juga di negara lain seperti australia, jepang, israel dan negara asia termasuk indonesia. Buah Naga termasuk jenis kaktus dari keluarga Hylocereus yang hanya mekar pada malam hari. Buah Naga mulai masuk ke asia karena di bawa oleh orang perancis dari guyana untuk tanaman hias, dan kemudian oleh orang vietnam dan cina buahnya dianggap membawa berkah karena bentuknya yang menyerupai ekor dari hewan mitologi yang dipercayai oleh masyarakat daerah tersebut. Oleh sebab itu buah ini selalu diletakan di antara dua ekor patung naga di atas meja altar. Warna merah yang kontras dengan patung naga yang berwarna hijau. Dari sinilah  awal mula masyarakat Cina menamai  buah tersebut thang loy (buah naga). Kemudian oleh bangsa Eropa mengenal buah tersebut sebagai dragon fruit (buah naga). Struktur tanaman buah naga terdiri dari akar, batang, duri, bunga, dan buah.

Akar buah naga hanyalah akar serabut yang berkembang dalam tanah pada batang atas sebagai akar gantung. Akar tumbuh di sepanjang batang pada bagian punggung sirip di sudut-sudut batang. Pada bagian duri, akan tumbuh bunga yang bentuknya mirip dengan bunga Wijayakusuma. Bunga yang tidak rontok berkembang menjadi buah. Buah naga memeliki bentuk yang bulat seukuran dengan buah alpukat.

Untuk jenis buah naga putih dan merah, kulit buahnya berwarna merah menyala,sedangkan untuk buah naga hitam,berwarna merah gelap. Di sekujur kulit dipenuhi semacam rumbai-rumbai yang dianalogikan dengan sisik naga. Oleh sebab itu, sering di sebut juga sebagai buah naga. Batangnya berbentuk segitiga, durinya juga sangat pendek dan tidak mencolok, sehingga sering dianggap “kaktus tak berduri”. Jika kuncup bunga sudah berukuran 30cm, kuncup bunga akan mekar pada awal senja,. Mahkota bunga bagian luar yang berwarna krem, mekar sekitar pukul sembilan malam, lalu disusul mahkota bagian dalam yang putih bersih, meliputi sejumlah benang sari yang berwarna kuning. Bunga seperti corong itu akhirnya terbuka penuh pada tengah malam, karena itu buah naga dikenal sebagai night blooming cereus.

Saat mekar secara sempurna, buah naga menyebarkan bau yang harum. Aroma inilah yang bertujuan untuk memikat kelelawar, agar menyerbuki bunga. Mulai dari batang, daging, buah, sampai dengan kulit buah naga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat untuk membantu dan mengatasi berbagai macam penyakit. Dokter juga sangat merekomendasikan buah naga merah, sebagai buah konsumsi yang bisa di gunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit. Berikut ini beberapa manfaat dari buah naga: Buah naga merah membantu menyembuhkan penyakit kanker, kandungan vitamin kompleksnya, sudah direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.

Dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, buah naga merah membantu menjaga kesehatan kulit, bahkan buah dan kulitnya juga bisa digunakan sebagai bahan lulur.Buah naga merah juga bisa untuk menyembuhkan penyakit diabetes, karena rasa manis buah naga bukan berasal dari glukosa. Dapat juga untuk menjaga kesehatan dan stamina, karena kandungan antioksidan dan vitaminnya yang tinggi. Kandungan kalsium organik dari buah naga merah dapat juga mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang.Menurunkan kadar kolesterol, menyembuhkan penyakit batuk dan asma hingga dapat mengatasi tekanan darah tinggi karena kandungan vitamin B3 nya.Kandungan betakaroten dan vitamin C, B1, B2, dan B3 yang terkandung dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan jantung.

Setelah kita mengetahui penyebaran dan manfaat dari Buah Naga, selanjutnya kita akan masuk ke tahap Budidaya Buah Naga “Hantu”. Pastikan Anda  menyimak dengan teliti, agar anda berhasil dan mendapatkan panen yang melimpah dari budidaya Buah Naga.
Pengolahan Tanah
Fungsi atau manfaat pengolahan tanah adalah untuk mempersiapkan tanah agar sesuai dengan tipikal tanaman buah naga dan dapat memkasimalkan tanaman tumbuh dengan cepat dan berbuah lebat. Pengolahan tanah buah naga tidak perlu luas karena buah naga hanya memiliki maksimal diameter 30cm serabut akar, jadi anda hanya perlu menolah tanah maksimal diameter 100cm dari titik penanaman. Dalam hal ini yang perlu kita lakukan adalan penetralan Ph tanah dengan cara pengapuran pada tanah tersebut.
Pemilihan Indukan/Bibit
Pilihlah induk yang baik dengan cara pemilihan induk dibawah 2 tahun untuk dijadikan bibit tanaman. Indukan yang berusia kurang dari 2 tahun masih dalam usia produktif, jadi sangat bagus jika diajadikan indukan/bibit.
Bibit Yang Ditanam
Bibit yang siap ditanam adalah bibit yang sudah keluar tunasnya minimal 2. Ini berfungsi sebagai langkah memaksimalkan satu bibit akan tumbuh 2 tunas dan jika salah satu tunas mati petani tidak perlu mengganti dengan bibit yang baru karena masih ada 1 tunas yang tumbuh.
Pemberian Kohe Kambing
Pemberian kohe ini berfungsi untuk memaksimalkan bunga dan buah pada tanaman buah naga. Pemberian kohe kambing dibuat berkala 3 bulan sekali agar bunga dan buah menjadi maksimal.
Media Tanam
Media tanam yang digunakan berupa perpaduan tanah, pasir, dan pecahan genteng. Manfaat pecahan genteng antara lain : mengandung banyak nutrisi, dan substrat batu bata sebagai penyedia karbon alami (CO2) untuk fotosintesis tumbuhan.

Dosis dan frekuensi pemakaian ZPT Ratu Biogen dan NPK Jago Tani
Dosis Pemakaian 3 cc ZPT Hantu Ratu Biogen + 5 cc NPK Hantu Jago Tani, campur dengan 1 liter air. Frekuensi aplikasi per 7 hari sekali.
Dosis Pemakaian 5 cc ZPT Hantu Ratu Biogen + 10 cc NPK Hantu Jago Tani, campur dengan 1 liter air. Frekuensi Aplikasi per 15 hari sekali.
Dosis Pemakaian 10 cc ZPT Hantu Ratu Biogen + 20 NPK Hantu Jago Tani, campur dengan 1 liter air. Frekuensi Aplikasi per 30 hari sekali.

Catatan : Semakin Sering Frekuensi Aplikasi, maka pertumbuhan dan pembuahan tanaman akan semakin cepat.Untuk Lahan Gambut tidak memerlukan pemberian kotoran kambing terlalu banyak karena tekstur tanah sudah gembur.

...


Pepaya California Jimmy Hantu
Pepaya California Jimmy Hantu

PEMBIBITAN
Persyaratan Benih Biji di ambil dari buah yang sudah matang dan berasal dari buah pohon terbaik, biji di cuci bersih termasuk menghilangkan kulit yang menyelubungi biji, kemudian di keringkan pada tempat yang teduh.

Persiapan Dan Penyemaian Benih
Benih direndam dalam larutan ZPT HANTU RATU BIOGEN 2ml di campur dengan air 1 liter selama 10-15 menit, tiriskan dan kemudian semai dalam polybag ukuran 20 x 15 cm.
Media yang digunakan merupakan campuran dari tanah yang di ayak dan pupuk kandang yang sudah matang dengan jumlah perbandingan 2 : 1.
Benih dimasukan pada kedalaman 1 cm kemudian tutup dengan tanah. Disiram setiap hari tapi jangan sampai terlalu basah karena dapat mengakibatkan pembusukan.
Benih berkecambah setelah 2 minggu. Bibit siap di tanam ketika sudah mencapai ketinggian kisaran 15-20 cm.Lakukan penyemprotan ZPT Hantu Ratu Biogen 5 ml / liter air atau setengah tutup, dengan waktu aplikasi 10-15 hari sekali.

Pemindahan Bibit
Pemindahan bibit yang bagus di saat musim penghujan, dan pipih bibit yang sudah mencapai tinggi kisaran 15-20 cm
PENGOLAHAN TANAH
Persiapan Lahan dibersihkan dari gulma (rumput, semak dan kotoran lain) kemudian dicangkul atau dibajak dan digemburkan secara sempurna.
Pembentukan Bedengan Buat bedengan dengan ukuran lebar 200 – 250 cm, tinggi kurang lebih 20 – 30 cm, panjang disesuaikan dengan kondisi panjang lahan dan jarak antar bedengan 60 cm.Kemudian buat lubang ukuran 50 x 50 x 40 cm di atas bedengan, jarak tanam ideal 2 x 2,5 m.
Pengapuran dan Pemupukan Dasar Apabila lahan yang akan ditanami pepaya bersifat asam (pH kurang dari 6), setelah pemberian pupuk kandang matang dilubang tanam, perlu ditambah Dolomit dan biarkan 1-2 minggu.
Teknik penanaman Bibit dikeluarkan dari polybag secara hati-hati jangan sampai merusak akar bibit tersebut.Masukkan bibit tersebut ke dalam lubang tanam yang sudah tersedia kemudian lakukan penyiraman.

PEMELIHARAAN TANAMAN
Penyulaman tanaman dilakukan untuk memperoleh tanaman sehat dan seragam, yaitu dengan mengganti tanaman yang mati atau kurang sehat. Dilakukan 2 minggu setelah penanaman.
Penyiangan
Penyiangan dilakukan apabila terdapat gulma pada sekitar areal lahan yang dapat menggangu pertumbuhan tanaman.
Pemupukan Lanjutan
Pohon pepaya memerlukan pupuk yang banyak, khususnya pupuk organik, yang dapat memberikan zat-zat makanan alami yang diperlukan dan dapat menjaga kelembaban tanah dan juga menaikkan unsur hara tanah.
CARA PEMBERIAN PUPUK Sebelum tanaman berbunga, aplikasikan ZPT-Hantu Ratu Biogen dengan dosis 5 cc/liter air, lakukan pengulangan pada bulan pertama 10 hari sekali dan bulan selanjutnya 20 hari sekali.
Setelah tanaman mulai berbunga aplikasikan NPK Jago Tani dengan dosis 5 cc/liter air, lakukan 20 hari sekali.
Sejak mulai tanam, semprotkan atau kocorkan ke tanah sekitar akar POC Ijo Royo Royo 10-20 cc / liter, 20 – 30 hari sekali.Dapat ditambah dengan penambahan pupuk an-organik.

Pengairan dan Penyiraman
Tanaman pepaya termasuk tanaman yang memerlukan cukup air tetapi juga tidak tahan air yang tergenang. Oleh sebab itu pengairan dan pembuangan air harus diatur dengan baik. Apalagi di daerah yang banyak turun hujan dan bertanah liat, maka harus dibuatkan parit-parit. Pada musim kemarau, tanaman pepaya harus sering disirami.

HAMA DAN PENYAKIT
Lalat buah, kutu daun, dan jamur adalah hama penyakit yang paling sering menyerang tanaman pepaya. Salah satunya dapat dilakukan pencegahan yaitu dengan penggunaan varietas benih tahan, sanitasi lingkungan yang terjaga, dan pengairan parit yang lancar. Apabila hal tersebut kurang maksimal hasilnya lakukan penyemprotan dengan pestisida sesuai dosis anjuran, atau bisa juga menggunakan pestisida nabati.

Keterangan :
1 Tutup Npk / Zpt Hantu ukurannya sama dengan 10 cc
1 Tutup Poc Hantu ukurannya sama dengan 10 cc
Aplikasi Zpt Hantu ratu biogen dan Npk Hantu jago tani dengan di semprotkan dengan pengkabutan.
Aplikasi Poc ijo royo-royo dengan di semprot atau kocorkan ke daerah pengakaran


...

Bawang merah jimmy hantu
Bawang merah jimmy hantu

Bawang merah (Allium ascalonicum L.) termasuk famili Liliaceae dan merupakan sayuran semusim, berumur pendek dan diperbanyak secara vegetatif menggunakan umbi, maupun generatif dengan biji (TSS=True Shallot Seed). Pada umumnya bawang merah dikonsumsi setiap hari sebagai bumbu masakan, dan juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menurunkan suhu tumbuh orang sakit.

PERSYARATAN TUMBUH
Tanaman bawang merah cocok tumbuh di dataran rendah sampai tinggi  (0–1000 m dpl) dengan ketinggian optimum 0-450 m dpl.Syarat tumbuh lainnya antara lain ialah cahaya matahari minimum 70%, suhu udara 25-320C, dan kelembaban nisbi 50-70%. Struktur tanah remah, struktur sedang sampai tinggi, drainase dan aerasi yang baik, mengandung bahan organik yang cukup, dan pH tanah netral (5,6– 6,5).Jenis tanah yang paling cocok untuk tanaman bawang merah ialah tanah Aluvial atau kombinasinya dengan tanah Glei-Humus atau Latosol.
Varietas yang dianjurkan Varietas yang dianjurkan  antara lain ialah Bima Brebes, Kuning, Pancasona, Pikatan, dll.

Persiapan Tanah
Pada lahan bekas padi sawah atau bekas tebu, kita buat bedengan-bedengan tanah dengan lebar 1,75 m dan panjangnya disesuaikan dengan luas dan kondisi lahan,  kedalaman parit 50–60 cm dan lebar parit 40–50 cm.Kondisi bedengan mengikuti arah Timur-Barat.Tanah yang telah diolah dibiarkan sampai kering kemudian diolah lagi 2–3 kali sampai gembur sebelum dilakukan perbaikan bedengan-bedengan dengan rapi.Sisa tanaman padi/tebu yang tertinggal dibersihkan.Pada lahan tegalan atau Lahan kering Tanah dibajak atau dicangkul sedalam 30 cm, kemudian dibuat bedengan-bedengan dengan lebar 1-1,2 m, tinggi 40 cm, sedangkan panjangnya tergantung pada kondisi lahan.Lahan dengan pH kurang dari 5,6diberi Dolomit minimal 2 minggu sebelum tanam dengan dosis 1–1,5 ton/ha/tahun (untuk dua musim tanam berikutnya) yang disebar pada permukaan tanah dan kemudian diaduk rata.

Penanaman
Pemotongan ujung bibit hanya dilakukan apabila bibit bawang merah belum siap ditanam (pertumbuhan tunas dalam umbi 80%).Kebutuhan umbi bibit 1-1.2 ton/ha dengan ukuran umbi sedang (5-10 g) dan berumur 2-3 bulan dari panen (ciri tunas sudah sampai ke ujung umbi).Jarak tanam yang digunakan 20 cm x 15 cm.

Pemupukan
Pada lahan bekas padi sawah atau bekas tebu, Pupuk dasar diberikan 7 hari sebelum tanam terdiri atas : ZA 87 kg/ha ,Urea 190 kg/ha, SP 36 333 kg/ha dan KCl 198 kg/ha.
Pada umur 15 dan 30 hari setelah tanam, di berikan pupuk susulan dengan komposisi masing-masing 92 kg Urea/ha dan 202 kg ZA/ha.

Pada Lahan Tegalan/Lahan Kering
Pupuk dasar berupa pupuk kandang sapi /kuda(15-20 ton/ha) atau kotoran ayam (5-6 ton/ha) atau kompos (2,5-5 ton/ha) dan pupuk buatan SP-36 (250 kg/ha). Pupuk dasar ini diberikan dengan cara disebar dan diaduk rata dengan tanah 1-3 hari sebelum tanam.
Pemupukan susulan menggunakan Urea (150-200 kg/ha), ZA (300-500 kg/ha) dilakukan pada umur 10-15 hari setelah tanam dan pada umur 1 bulan setelah tanam masing-masing ½ dosis. Atau menggunakan pupuk majemuk NPK (16-16-16) 600 kg/ha yang diberikan seminggu sekali dengan cara dicor (disiramkan) di sekitar tanaman.

Alternatif pemupukan dengan cara menggunakan pupuk jimmy hantu yaitu dengan sistem fermentasi pupuk untuk pemupukan dasar dan juga lanjutan sama dengan formula di atas (lahan sawah bekas padi maupun tebu). Dengan pendekatan Jimmy Hantu pemupukan kimia (anorganik) untuk lahan tegalan atau lahan kering dapat dikurangi sebesar 40-60%.

Pemeliharaan
Tanaman bawang merah membutuhkan air yang cukup banyak selama pertumbuhan dan pembentukan umbi , terutama pada musim kemarau.Pada lahan bekas sawah, penyiraman dilakukan satu kali sehari pada pagi atau sore hari sejak tanam sampai umur menjelang panen.Pada musim hujan, penyiraman ditujukan untuk membilas daun tanaman dari tanah yang menempel. Periode kritis dari kekurangan air terjadi saat pembentukan umbi.

Selama satu musim tanam,Penyiangan di lakukan 2-3 kali, terutama  pada umur 2 minggu setelah tanam.Perbaikan pinggir bedengan dilakukan bersamaan dengan waktu penyiangan.
Pengendalian dengan menggunakan Teknologi Pengendalian Hama Terpadu (PHT)
yaitu: Secara kultur teknis (pemupukan berimbang, penggunaan varietas tahan OPT, penggunaan musuh alami (parasitoid, predator dan patogen serangga).Secara mekanik (pemotongan daun yang sakit atau terdapat kelompok telur Spodoptera exigua, penggunaan jaring kelambu, penggunaan feromon seks, perangkap kuning, perangkap lampu dll).
Penggunaan bio–pestisida.Penggunaan pestisida selektif berdasarkan ambang pengendalian.

Panen dan Pascapanen
Panen bawang merah dilakukan setelah umurnya cukup tua, biasanya pada umur 60–70 hari dengan tanda-tanda berupa leher batang 60% lunak, tanaman rebah dan daun menguning.Untuk mempermudah penanganan, bawang merah yang telah dipanen diikat pada batangnya dan dijemur sampai cukup kering (1-2 minggu) di bawah sinar matahari langsung.Jika tidak langsung dijual, umbi disimpan dengan cara menggantungkan ikatan bawang merah atau disimpan di rak di gudang khusus, pada suhu 25-30º C dan kelembaban rendah (± 60-80%).

...


aplikasi pupuk hantu pada tanaman cabai
aplikasi pupuk hantu pada tanaman cabai

Persiapan benih
Kebutuhan benih sekitar 500 gr / ha Pilih varietas yang paling sesuai dengan agroekosistem setempat dan berdaya hasil tinggi.Pada umumnya,benih bermutu ditunjukkan dengan berlabel.
Persiapan persemaian
Buat media semai dengan campuran tanah, kompos, dan arang sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1 dan beri pupuk POC Ijo Royo Royo 5 cc/liter air.Hamparkan media diatas baki atau polybag.

Penyemaian dan pemeliharaan
Benih cabe rendam terlebih dahulu dengan larutan ZPT Hantu Ratu Biogen 2 cc/lt selama 2-3 jam.
Tabur benih secara merata : taburkan benih secara merata pada baki dengan jarak antara benih sekitar 2-3 cm atau di polybag.
Pupuk persemaian 10 hari sekali dengan ZPT Hantu Ratu Biogen 5 cc/liter air.Siram persemaian dengan air secukupnya untuk menjaga kelembaban.

Penyiapan lahan
Pengolahan tanah sempurna 1 minggu sebelum tanam : bajak singkal, rotary, dan garu/perataan.
Pemupukan dasar dengan pupuk kompos 2000 kg dan POC Ijo Royo-Royo 2 cc/liter air. Kemudian kita siapkan bedengan-bedengan dengan lebar 1 m, tinggi 20 cm, dan jarak antar bedengan kurang lebih 30 cm,ratakan permukaan bedengan dengan sempurna
.
Penanaman
Penanaman dilakukan pada waktu bibit berumur 1 – 1,5 bulan.dengan jarak tanam krang lebih 50 X 60cm, 1 bibit/lubang

Pemeliharaan tanamanPemupukan 
Dilakukan setiap 10 hari sekali menggunakan ZPT Hantu Ratu Biogen dengan dosis 5 cc/liter air, hingga umur 50 Hst (hari setelah tanam)
Aplikasi setelah berbuah dengan, NPK Hantu Ratu Biogen dosis 5 cc/ltr air. Dengan tetap melakukan penyiangan,apabila terdapat gulma yang tumbuh disekitar populasi tanaman.

Penyulaman
Penyulaman ini dimaksudkan untuk mengisi tanaman yang mati atau kurang baik pertumbuhannya, agar diperoleh populasi yang optimum. Dan dilakukan sebanyak 1 kali, sekitar 1 minggu setelah tanam.

Pengendalian hama dan penyakit
1. Identifikasi jenis dan tingkat populasi hama.
2. Identifikasi jenis penyakit :– Cendawan– Bakteri– Virus
3. Menentukan tingkat kerusakan tanaman akibat serangan hama dan penyakit.
4. Mengusahakan tanaman sehat.
5. Penggunaan varietas tahan.
6. Pengendalian hayati ( penggunaan musuh alami/predator, pathogen antagonis ).
7. Menggunakan lampu perangkap untuk pengendalian hama ulat grayak
8. Menggunakan feromon ( methyl eugenol ) atau cairan daun selasih untuk pengendalian hama lalat buah.
9. Menggunakan pestisida nabati sebagai alternative akhir untuk mengendalikan hama berdasarkan hasil pengamatan.

Panen
Pemanenan buah pertama dapat dilakukan setelah tanaman berumur lebih dari 2 bulan. Tanaman yang baik dalam 1 hektar nya dapat menghasilkan buah 4-10 ton Cara pengaplikasian nya dengan cara di semprot (di kabutkan) pada saat tanaman mulai berbunga sampai masa panen, dengan dosis 10cc/ liter atau 1 tutup botol.

...


panen padi dengan pupuk jimmy hantu
panen padi dengan pupuk jimmy hantu

A. Persiapan benih
Kebutuhan benih 20-30 kg / ha1. Pilih varietas yang paling sesuai dengan agroekosistem setempat dan berdaya hasil tinggi.2. Pilih benih bermutu yang berlabel, dengan tingkat kemurnian daya tumbuh yang tinggi > 85 %.

Perendaman dan pemeraman benih
1. Larutkan 2 cc ZPT Hantu/ZPT Ratu Biogen dengan 10 liter air. Setiap 1 liter larutan untuk 1 kg benih.
2. Rendam benih dalam larutan selama 48 jam.
3. Tiriskan benih dan peram selama 24 jam, atau sampai benih berkecambah. Adapun cara pemeraman adalah sebagai berikut : masukan benih dalam karung, kira-kira ¼ isi karung. Letakkan karung mendatar dan dibolak-balik.

B. Persiapan persemaian
Persiapan lahan persemaian dengan pertanaman 1 ha = 500 m2.Pengolahan lahan dengan sempurna bisa dengan bajak,rotary dan perataan/garuPemupukan dasar dengan pupuk kompos 50 kg (lebih bagus yang telah difermentasi) dan ZPT Hantu/ZPT Ratu Biogen 2 cc/liter air.Persiapkan bedengan dengan lebar 1,5 m, tinggi 20 cm, dan jarak antar bedengan 30 cm.Ratakan permukaan bedengan dengan sempurna.

C. Penyemaian dan pemeliharaan Untuk penyeaian benih, pertama-tama, bagi benih sesuai dengan jumlah bedengan kemudian taburkan masing-masing bagian benih secara merata pada setiap bedengan.Benamkan benih ke dalam lumpur,dangkal,asal tidak tersembul.Pupuk persemaian pada waktu 10 hari setelah tabur dengan ZPT Hantu/ZPT Ratu Biogen 2 cc/liter air.Sistem pengairan macak-macak.

D. Penyiapan lahan
Pengolahan tanah sempurna 1 minggu sebelum tanam : bajak singkal, rotary, dan garu/perataan.Buat parit kecil ( kemalir ) sekeliling petakan dan di pertengahan memotong panjang dan lebar petakan.Berikan pupuk dasar sebelum tanam dengan pupuk kandang atau kompos 1000 kg (disarankan yang telah difermentasi) dan POC Ijo Royo Royo 5 cc/liter air.Bisa juga menggunakan kompos sebagai pengganti pupuk anorganik bila terjadi kelangkaan pupuk, ataupun harga pupuk pabrik yang mahal, dapat digunakan pupuk organik dalam bentuk Azolla, Sesbania, Gliricidia, orok-orok dan petai cina. Kelebihan nya mampu menambat kadar N yang berasal dari udara dalam jumlah yang cukup besar serta tumbuh dengan cepat. Sebagai gambaran, tanaman Azolla mampu menambat N dari udara sebanyak 60 kg N/ha, Sesbania : 267 kg N/ha, Gliricidia : 42 kg N/ha, Orok-orok : 110 kg N/ha dan petai cina : 200 kg N/ha. Pemberian pupuk hijau dapat dilakukan dengan cara membenamkan daun-daunnya ke dalam tanah ataupun dengan fermentasi dengan POC Ijo Royo-Royo.Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan penyemprotan POC Ijo royo-royo setiap 5 hari sekali dengan dosis 10 ml/ liter air sebelum tanam.Usahakan sebelum aplikasi pupuk dasar, kurangi air (keringkan) dan tidak ada air yang menggenang

Penanaman
Penanaman dilakukan pada waktu bibit berumur 15 hari setelah tebar.Jarak tanam Jumlah bibit : 2 bibit/lubang.Penanaman dangkal, kedalaman 2-3 cm.Sistem pengairan macak-macak.

Pemeliharaan tanaman
1. Pemupukan
Aplikasi umur 0 – 50 hst menggunakan ZPT Hantu/ZPT Ratu Biogen, 10 hari sekali, dosis 3cc/liter airAplikasi umur 50 hst – panen dengan ZPT Hantu/ZPT Ratu Biogen dan NPK Hantu Jago Tani, dosis 3cc/liter air
2. Penyiangan Lakukan penyiangan sebanyak 2 kali saat tanaman berusia 3 dan 5 minggu setelah tanam
3. Penyulaman Penyulaman dimaksudkan untuk mengisi rumpun yang mati atau kurang baik pertumbuhannya, agar diperoleh populasi yang optimum. Lakukan penyulaman sekitar 7 hst setelah tanam.
4. Pengendalian hama dan penyakit
Identifikasi jenis dan tingkat populasi hama.
Identifikasi jenis penyakit :– Cendawan– Bakteri– Virus
Menentukan tingkat kerusakan tanaman akibat serangan hama dan penyakit.
Mengusahakan tanaman sehat.
5. Penggunaan varietas tahan.
6. Pengendalian hayati ( penggunaan musuh alami/predator, patogen antagonis ).
7. Menggunakan lampu perangkap untuk pengendalian hama ulat grayak, dan penggerek batang.
8. Menggunakan bau amis dari kepiting untuk pengendalian hama walang sangit dan wereng.
9. Rotasi tanaman seperti padi-padi-kedelai/jagung/kacang hijau.
10. Menggunakan pestisida nabati sebagai alternatif akhir untuk mengendalikan hama berdasarkan hasil pengamatan.

G. Panen
Pemanenan gabah yang ideal dilakukan bila :
1. Sudah 90 % masak fisiologis,artinya 90 % gabah telah berubah warna dari hijau menjadi kuning.
2. Telah mencapai 30-35 hari, dihitung dari masa berbunga,
3. Bila dihitung dari sejak sebar sampai umur sesuai dengan deskripsi varietas.
4. Keringkan sawah kira-kira 1 minggu menjelang panen,agar memudahkan pelaksanaan panen.

Cara Aplikasi: Dengan sistem penyemprotan (pengkabutan), pada saat berbunga, hindari penyemprotan basah
1 tutup botol = 10 cc

Baca juga :
...

PANDUAN CARA BUDIDAYA KACANG TANAH, KEDELAI, KACANG HIJAU DAN KORO MENGGUNAKAN TEKNOLOGI JIMMY HANTU 150


Sebelum kita mulai bagaimana cara budidaya kacang-kacangan tersebut menggunakan Teknologi Jimmy Hantu-150. Kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kacang dan asal usulnya untuk mengenali dan menambah pengetahuan tentang kacang-kacangan.

1.Kacang Tanah
Kacang tanah adalah tanaman polong-polongan yang berasal dari benua amerika, yang sudah banyak  dibudidayakan, dan menjadi kacang-kacangan terpenting nomor dua setelah kedelai. Kacang tanah Tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm dengan daun-daun kecil tersusun majemuk. Tanaman ini adalah satu di antara dua jenis tanaman budidaya selain kacang bogor, Voandziea subterranea yang buahnya mengalami pemasakan di bawah permukaan tanah. Untuk buah yang masih muda proses pematangan biji akan terganggu jika terkena cahaya. Di Indonesia, ia dikenal pula sebagai kacang una, suuk, kacang jebrol, kacang bandung, kacang tuban, kacang kole, serta kacang banggala. Dalam perdagangan internasional dikenal sebagai bahasa Inggris: peanut, groundnut. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya adalah Brazillia, namun saat ini telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis. Masuknya kacang tanah ke Indonesia diperkirakan karena dibawa oleh pedagang-pedagang Cina, portugis atau Spanyol sewaktu melakukan pelayarannya dari Meksiko ke Maluku Republik Rakyat Tiongkok dan India kini merupakan penghasil kacang tanah terbesar dunia.

2.Kedelai
Siapa yang tidak tau dengan kacang kedelai, tanaman jenis polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap, tahu, dan tempe.Berdasarkan informasi dan peninggalan arkeologi, kacang kedelai sudah mulai dibudidayakan di Asia Timur sejak 3500 tahun yang lalu. Kedelai di budidayakan karena merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Amerika Serikat menjadi penghasil kedelai utama dunia meskipun kedelai praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah tahun 1910. Kedelai adalah tumbuhan yang selalu peka terhadap pencahayaan. Batang kacang kedelai akan tumbuh memanjang dalam pencahayaan yang agak rendah sehingga berwujud seperti tanaman merambat. Beberapa jenis kedelai putih budidaya di Indonesia, di antaranya adalah ‘Ringgit’, ‘Orba’, ‘Lokon’, ‘Davros’, dan ‘Wilis’. ‘Edamame’ adalah jenis kedelai berbiji besar berwarna hijau yang belum lama dikenal di Indonesia dan berasal dari Jepang.

3.Kacang Hijau
Kacang hijau atau nama latinnya Vigna radiata adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah yang beriklim tropis. Tumbuhan yang termasuk jenis polong-polongan ini,dalam kehidupan sehari-hari memiliki banyak manfaat sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Di indonesia, Kacang hijau merupakan tanaman legum penting ketiga setelah kedelai dan kacang tanah. Bagian yang paling banyak di gunakan dari tanaman ini dan yang paling bernilai ekonomi adalah bijinya. Biasanya biji kacang hijau direbus dan dimakan sebagai bubur.

Kegunaan lain dari biji kacang tanah matang biasanya di jadikan untuk isian dari makanan semacam onde-onde, bakpau, atau gandas turi. Kecambah kacang hijau atau yang sering kita sebut dengan tauge, adalah sayuran yang umum dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara. Biji kacang hijau juga bisa di buat tepung, di pasaran sering kita sebut sebagai tepung hunkue, dan sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Tepung ini juga dapat diolah menjadi mie yang dikenal sebagai soun. Kandungan vitamin B1 dari kacang hijau juga berguna untuk pertumbuhan dan vitalitas pria. Oleh karena itu bagi pasangan yang baru menikah kacang hijau dan turunannya ini sangat di anjurkan untuk  dikonsumsi . Kandungan multi protein dari kacang hijau berfungsi untuk mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan sel tubuh, oleh sebab itu anak-anak dan wanita yang baru saja bersalin dianjurkan untuk mengkonsumsinya.

4.Koro

Kacang Koro Jimmy Hantu
Kacang Koro Jimmy Hantu

Koro pedang atau nama latinnya Canavalia ensiformis, atau jika di luar negeri dikenal juga sebagai jack bean, adalah jenis kacang koro yang paling dikenal oleh masyarakat umum. Biji koro pedang mudah dikenali dari selimut kulit biji yang sangat tebal dan kulit biji tersebut menempel kuat yang sangat berbeda dengan kulit ari tipis pada kedelai. Panjang polongnya berkisar antara 30 hingga 40 cm. Karena sifat dan kandungan nutrisinya yang mirip, koro pedang sedang digalakkan sebagai pengganti kedelai.

Koro pedang mudah tumbuh di dataran rendah, namun juga bisa di dataran tinggi dengan rentang waktu panen lebih lama. Pada dasarnya tanaman ini bisa tumbuh hampir di mana saja tanpa perlu banyak dilakukan perawatan. Waktu penanaman yang dianggap paling tepat adalah setelah musim hujan. Perbandingan hasil produksi dari satu ton bisa di dapatkan hasil hingga 4 ton kara pedang. Karena bisa di dapatkan volume tempe yang lebih banyak dari berat yang sama, kacang ini dianggap lebih menguntungkan. Selain produktif, tanaman ini juga menghasilkan pupuk hijau sehingga sering ditumpangsarikan dengan tanaman lain.

Setelah kita mengenal definisi masing-masing jenis tersebut kita akan lebih tau dan dapat membudidayakan dengan baik dan benar. Tetapi jika Anda belum mengetahui atau masih belum bisa melakukan proses budidaya dengan baik,jangan khawatir. Pada kesempatan ini kita akan berbagi tips/cara budidaya kacang-kacangan yang baik dengan menggunakan “Teknologi JimmyHantu” tentunya.

Dalam melakukan budidaya kacang-kacangan tersebut ada beberapa langkah yang harus kita laksanakan dari pemilihan varietas hingga masa panen yang kita harapkan, yuk sama-sama kita simak penjabaran berikut ini :

A. Pemilihan varietas unggul, bermutu dan berlabel
Tahap yang pertama yaitu memilih varietas unggul, pemilihan varietas yang berkualitas sangat berperan penting dalam proses budidaya, memilih bibit/varietas unggul juga memiliki beberapa keuntungan antara lain, lebih cepat masa panen, hasil dari tumbuhan tersebut banyak, rasa hasil budidaya tumbuhan tersebut enak, tahan terhadap hama dan penyakit, cepat menyesuaikan dengan iklim dan lingkungan di wilayah tersebut, pohon/tumbuhan pendek. Ciri umum bibit/varietas unggul yang beredar dipasaran ialah yang berlabel, vigor baik,sehat dan bernas. Varietas yang memiliki ciri-ciri tersebut dapat tahan hama dan penyakit lebih dari 85%.

Dalam hal pemilihan varietas kita juga harus memperhatikan iklim & suhu wilayah yang akan kita gunakan sebagai lahan penanaman agar varietas dapat tumbuh maksimal sesuai karakter varietas tersebut, agar tanaman dapat tumbuh dengan maksimal, Setelah mendapatkan benih yang unggul kita dapat melanjutkan ke tahap Kebutuhan Benih. Kebutuhan benih dalam hal ini adalah perbandingan antara jumlah benih yang disiapkan dengan luas lahan yang akan digunakan untuk proses penanaman. Komposisi yang baik untuk keseimbangan proses penanaman ialah 20-30kg (kilogram) bibit untuk lahan seluas 1ha (hektare).

Jika jumlah bibit melebihi kapasitas normal lahan 1ha akan mengakibatkan bibit tidak tumbuh maksimal karna kurangnya nutrisi untuk pertumbuhan, dan jika jumlah bibit kurang dari kapasitas normal lahan 1ha akan mengakibatkan kurang maksimalnya jumlah panen yang didapat.

B. Pengolahan lahan
Tahap yang kedua yaitu pengolahan lahan. Ialah proses awal pengelolaan lahan sebelum ditanami agar tekstur tanah, kelembaban, mineral, dan nutrisi alami siap untuk proses awal penanaman. Agar proses penanaman awal menjadi lebih mudah dan bibit dapat tumbuh maksimal.  Langkah awal untuk pengolahan lahan yaitu membersihkan gulma atu sisa tanaman harus dibersihkan saat proses pengolahan atau sesudah proses pengolahan lahan agar bibit baru tidak terganggu adanya gulma atau sisa tanaman usai panen yang dapat mengakibatkan lambatnya pertumbuhan.

Setelah selesai proses pengolahan lahan kemudian hal yang tak kalah penting yaitu pembuatan drainase untuk lahan tersebut. Fungsi drainase yaitu mengatur pasokan air demi pencegahan banjir, dan juga bagian dari usaha untuk mengontrol kualitas air tanah dalam kaitannya dengan salinitas. Buatlah drainase dengan jarak 3-4m(meter) dengan lebar dan kedalaman 30cm(centimeter). Dengan saluran drainase yang baik akan menghasilkan pertumbuhan tanaman yang baik. Pada tahap selanjutnya yaitu proses pemupukan awal.

Dalam hal ini peran awal dari “Teknologi JimmyHantu 150” dalam kesuksesan budidaya dan membuat panen Anda berlipat ganda dari sebelumnya, dan Anda dapat membuat hal yang wajar menjadi tidak wajar. Pemupukan awal adalah proses awal untuk mencegah hama, penyakit, dan memberikan nutrisi-nutrisi untuk pertumbuhan bibit tanaman. Sebelum ditanami berikan pupuk kompos/pupuk kandang, ZPT Ratu Biogen 2 cc/liter air, dan POC Ijo Royo-Royo 10 cc/liter, agar bibit tanaman terlindung dari penyakit serta mempercepat tumbuhnya bibit.

C. Penanaman
Penanaman adalah proses awal bibit yang sudah disiapkan untuk ditanam/ditempatkan pada tanah yang telah dikelola dan dipersiapkan. Sebelum melakukan proses penanaman terlebih dulu bibit di dengan larutan ZPT Ratu Biogen 2 cc/liter selama 5-10 menit, gunanya untuk pencegahan hama dan penyakit bagi tanaman, serta memberi nutrisi awal pada bibit. Setelah bibit siap kemudian tanam dengan metode tanam tunggal yaitu, salah satu cara budidaya di lahan pertanian dengan menanam satu jenis tanaman pada satu areal. Pola tanam merupakan bagian atau sub sistem dari sistem budidaya tanaman, maka dari sistem budidaya tanaman ini dapat dikembangkan satu atau lebih sistem pola tanam. Tanam dengan cara 1 lubang untuk 2 bibit, gunanya untuk mengantisipasi jika bibit yang satu tidak dapat tumbuh masih ada cadangan dan untuk memaksimalkan hasil dalam proses budidaya. Setelah benih ditanam kemudian segera untuk menutup tanah agar benih tidak terkontaminasi penyakit dan bibit dapat segera melangsungkan proses pertumbuhannya.

D. Pemeliharaan
Sesudah ditanam, tanaman perlu dipelihara karena pertumbuhannya tanaman terkadang mengalami keadaan kurang menguntungkan, antara lain : adanya gangguan hama dan penyakit, gangguan gulma, kekurangan air, gangguan alam dan lain-lain. Hal-hal tersebut merupakan penghambat bagi pertumbuhan tanaman dan akan mengurangi hasil, oleh karena itu untuk memperoleh hasil yang tinggi, faktor-faktor penghambat tersebut perlu ditekan serendah mungkin dan segala kebutuhan tanaman harus terpenuhi. Dalam hal ini ketelitian dan kesabaran petani sangat menentukan hasil panen yang akan didapat, dan pemeliharaan juga proses terpanjang sebalum memasuki masa panen.

1.Pemupukan Proses pemeliharaan diawali dengan pemupukan guna melindungi tanaman dari hama, penyakit, dan memberikan nutrisi tambahan untuk tanaman.
Aplikasi umur 0 – 2 bulan dengan menggunakan ZPT Ratu Biogen, 5cc/liter air, interval 10 hari sekali
Aplikasi umur 2 bulan – panen dengan NPK Jago Tani, 5cc/liter air, interval 20 hari sekali
Aplikasi POC Ijo Royo-Royo tiap 10 hari di bulan pertama, selanjutnya 20 hari sekali

2.Penyiangan Gulma
Penyiangan merupakan adalah salah satu perawatan tanaman dengan cara mencabut gulma atau tumbuh-tumbuhan pengganggu yang berada di antara sela-sela tanaman pertanian dan sekaligus menggemburkan tanah.
Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasil yang bisa dicapai oleh tanaman produksi. Agar tidak terjadi persaingan penyerapan hara pada tanaman, Maka penyiangan ini perlu di lakukan dan di jadikan sebagai perawatan rutin,tujuan lainnya adalah untuk mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan sinar matahari Agar nantinya tanaman dapat menyerap air dan nutrisi secara sempurna, supaya pertumbuhannya juga maksimal.

Penyiangan gulma biasanya dilakukan dua kali yaitu : yaitu umur 10-15 hst dan 40-45 hst. Penyiangan gulma pertama hendaknya dilakukan sebelum tanaman berbunga dan pengendalian gulma sebaiknya dilakukan dengan secara manual dukan dengan zat yang dapat merusak ekosistem disekelilingnya.

3.Penyulaman
Agar diperoleh populasi yang optimal atau untuk mencapai target jumlah tanaman dalam satu kesatuan luas tertentu, maka penyulaman tanamn ini perlud I lakukan dengan cara, penanaman kembali bagian-bagian yang kosong bekas tanaman yang mati/diduga akan mati atau rusak, di lakuakn sekitar 1 minggu setelah tanam.

E. Pengendalian hama penyakit
Pengendalian hama dan penyakit berguna untuk melindungi tumbuhan dari berbagai hama dan penyakit agar tumbuh dengan maksimal dan hasil memuaskan, berikut langkah-langkah pengendalian hama dan penyakit, antara lain :
Identifikasi jenis dan tingkat populasi hama.
1. Identifikasi jenis penyakit :
a) Cendawan,Bakteri,Virus
2. Menentukan tingkat kerusakan tanaman akibat serangan hama dan penyakit.
3. Mengusahakan tanaman sehat.
4. Pengendalian hayati ( penggunaan musuh alami/predator, pathogen antagonis ).
5. Menggunakan lampu perangkap untuk pengendalian hama ulat grayak.
6. Menggunakan pestisida nabati sebagai alternative akhir untuk mengendalikan hama berdasarkan hasil pengamatan.
F. PANEN
Panen adalah pemungutan (pemetikan) hasil sawah atau ladang. Istilah ini paling umum dipakai dalam kegiatan bercocok tanam dan menandai berakhirnya kegiatan atau proses penanaman di lahan. Namun, istilah ini memiliki arti yang lebih luas, karena dapat dipakai pula dalam budi daya ikan atau berbagai jenis objek usaha tani lainnya, seperti jamur, udang, alga/gulma laut, dan hasil hutan (kayu maupun non-kayu). Secara kultural, panen dalam masyarakat agraris sering menjadi alasan untuk mengadakan festival dan perayaan lain. Panen merupakan tahapan yang paling ditunggu-tunggu oleh petani karena pada tahapan ini petani dapat meihat hasil yang diperoleh setelah melewati tahapan-tahapan dalam hal budidaya. Panen juga menentukan hasil petani dalam proses budidaya bisa dikatakan berhasil atau gagal, berikut adalah ciri yang paling utama jenis tanaman kacang-kacangan siap dipanen, yaitu : apabila lebih dari 90% telah masak, proses penanaman yang benar juga berpengaruh pada hasil yang maksimal

Keterangan :  
1 Tutup ZPT / NPK = 10 cc
1 Tutup POC = 10 cc
Aplikasi Zpt Hantu ratu biogen dan Npk hantu Jago tani : Semprot dengan pengkabutan.
Aplikasi Poc Ijo royo-royo : semprot atau kocor ke akar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang budidaya kacang, kedelai, kacang hijau, koro dengan menggunakan teknologi jimmy hantu, Semoga bermanfaat dan dapat menambah produktifitas panen anda. Terus berikhtiar bersama teknologi jimmy hantu. Produk yang benar-benar revolusioner, tanpa tipu daya, nyata bersama bukti. Saatnya revolusi hijau, bersama jimmy hantu !!

Baca juga :

Tertarik untuk menggunakan pupuk jimmy hantu? silahkan konsultasi dengan team customer service kami. WhatsApp / Telp : 0812-2580-6800 www.jimmyhantu.id  /  www.jimmyhantu.net
Blog Post Lainnya
Alamat
081225806800
Kantor Distribusi Bumi Saraswati B2/38 RT 08 RW 09 Gaum, Tasikmadu, Karanganyar – Solo, Jawa Tengah, 57761
Partners
JimmyHantu.net
Tekad bulat kami, akan menunjukkan sesuatu yang besar dan selalu besar.
Kami juga akan menunjukkan yang kecil dan yang terkecil. Bukan setengah-setengah. Karena tekad juang kami adanya hanya kehidupan atau kematian. Maju atau mundur sekalian.
@2019 Jimmyhantu net Inc.